Monday, December 20, 2010

7 Jenis Pohon Yang Tak Boleh Dipanjat Manusia

Silk Floss Tree ( Ceiba Speciosa )




Berasal dari hutan subtropis Amerika Selatan, pohon Silk Floss kini tersebar luas di seluruh Florida Selatan, dan dihargai dengan bunga yang indah. Tapi untuk mendapatkan bunga - bunga yang berharga ini jelas bukan tugas mudah, kerana duri raksasa ini yang menutupi batang dan cabang. Bagaimana nak memetiknya ?




Kapas di dalam polong bunga digunakan sebagai mengisi untuk bantal, dan kayu dari pohon silk floss digunakan dalam kemasan, dan untuk pembuatan kertas.


Hercules Club ( Aralia Spinosa )




Nama pohon ini khusus diberikan untuk pohon tua berduri kerucut seperti pada kulit yang membuat batang dan cabang terlihat seperti tongkat. Hercules Club adalah asli Amerika Utara, dan tersebar di bahagian timur benua.




Duri besar dari pohon itu tidak mungkin dilihat mengancam untuk pendaki pohon yang berpengalaman, tetapi jika anda melihat lebih dekat, setiap pohon memiliki hujung yang tajam yang dapat menyebabkan kesakitan.


Honey Locust ( Gleditsia Triacanthos )




Sama seperti Hercules Club, pohon Honey Locust adalah asli Amerika Utara bahagian timur, dan dapat dilihat dari Dakota Selatan ke New Orleans selatan dan pusat Texas. Pohon ini benar-benar menarik, dengan ciri Honey Locust duri panjang 3 - 4 inci yang dapat menyebabkan luka serius, jika anda tidak berhati-hati. Ia tumbuh pada batang dan cabang yang lebih rendah, yang mungkin bererti mereka berevolusi sebagai mekanisme pertahanan.




Duri dari Honey Locust sering menyebabkan cedera di kaki. Jika anda melewati salah satu pohon - pohon ini, anda akan sering memiliki kesempatan untuk mendapatkan ban pecah. Bahkan ada yang mengaku telah melihat burung besar tertusuk oleh duri pohon Honey Locust.


Kapok ( Ceiba Pentandra )




Pohon kapuk adalah pohon tropis, asli ke Meksiko, Amerika Tengah dan utara Amerika Selatan. Bangsa Maya menganggap bahawa Ceiba Pentandra pohon suci menegakkan dunia, dengan akar akan turun ke bawah. Pembakar dupa Kuno dan guci pemakaman, ditemukan di daerah Maya, ciri Kapuk yang tajam bermotif, atas dan bawah sisi mereka.





Serat yang terkandung dalam bunga - bunga dari Kapuk digunakan untuk mengisi kasur, bantal, barang mainan, minyak biji yang digunakan dalam pembuatan sabun, dan gula - gula getah.


Pejibaye Palm ( Bactris Gasipaes )




Pohon Pejibaye Palm adalah salah satu pohon yang paling berbahaya, dengan ribuan panjang, duri tajam yang mencakup seluruh batang. Berasal dari negara-negara Amerika Tengah seperti Kosta Rika atau Nikaragua, Pejibaye ditanam untuk buah miniatur perusahaan kelapa. Memetik buah-buah kecil tidak mudah, tetapi penduduk setempat telah menyusun suatu teknik yang memerlukan Scraping dari bahagian kulit.





Percaya atau tidak, duri hitam panjang dari Palm Pejibaye digunakan suku adat di sana untuk senjata mereka, dan hari ini mereka masih menggunakannya untuk membuat jarum dan kail.


Pochote ( Pachira Quinata )




Pohon Pochote dari Amerika Tengah dan utara Amerika Selatan dianggap sebagai Bear Grylls di dunia. Selama ini ia tumbuh di batu, tidak terpengaruh oleh kekeringan.




Batang dan cabang Pochote ditutup dengan duri besar dan gemuk, sehingga mereka sering digunakan sebagai tiang pagar hidup, dengan kawat berduri tegang antara mereka. Anda pasti tidak ingin menjadi memanjat salah satu pagar.


Sandbox Tree ( Hura Crepitans )




Pohon - pohon tersebut di atas pasti menimbulkan rasa sakit jika anda mencuba untuk memanjat, tapi Pohon Sandbox boleh menendang anda dari 300 meter jauhnya, sehingga dinobatkan sebagai pohon terburuk di dunia. Duri gelap keluar dari kulitnya, memberikan sebuah Sandbox Pohon terlihat menyenangkan, namun senjata sebenarnya adalah berbentuk buah labu yang benar-benar meledak, seperti suara tembakan, ketika matang, biji meluncurkan 300 kaki ke segala arah, di kelajuan 150 mil per jam.




Anda fikir bahawa itu berbahaya? Cubalah makan salah satu biji pelurunya dan anda akan mendapatkan kram perut serius, cirit - birit, muntah, gangguan penglihatan dan pergerakkan jantung cepat. Makan dua, dan anda dapat menambahkan delirium, kejang, dan bahkan kematian. Getah kuning menyebabkan inflamasi, kontraksi dengan kulit, dan menyebabkan buta sementara, jika menggosok mata.

0 comments:

Post a Comment